Unit 7
Keterampilan Dasar Mengajar
1. Standar
Kompetensi
1.1
mampu
menjelaskan hakikat strategi pembelajaran, disiplin kelas;
1.2
menjelaskan
karakteristik pembelajaran di SD;
1.3
menjelaskan
model- model pembelajaran;
1.4
menjelaskan
prosedur pembelajaran;
1.5
menjelaskan kriteria
pemilihan dan penggunaan metode mengajar;
1.6
menjelaskan
criteria pemilihan media pembelajaran;
1.7
menjelaskan
keterampilan dasar mengajar;
1.8
menerapkan
keterampilan dasar mengajar;
1.9
menerapkan
fungsi kegiatan remedial dan pengayaan;
1.10
menerapkan
pengelolaan kelas
1.11
menerapkan
disiplin kelas;
1.12
menjelaskan
pembelajaran yang efektif.
2. Kompetensi
Dasar
2.1 menjelaskan keterampilan bertanya, penguatan, mengadakan
variasi, menjelaskan bahan atau materi dalam pembelajaran.
3. Indikator
3.1 menjelaskan pengertian, komponen, prinsip penggunaan
bertanya.
3.2 Menjelaskan pengertian, komponen, prinsip penggunaan
penguatan.
3.3 Menjelaskan pengertian, komponen, prinsip penggunaan
variasi
3.4 Menjelaskan pengertian, komponen, prinsip penggunaan
materi dalam belajar.
3.5 Penerapan keterampilan.
4. Materi
Pembahasan
4.1 Pengantar
Guru sebagai seorang pendidik hendaknya
memiliki delapan keterampilan dasar mengajar, yaitu keterampilan membuka dan
menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya,
keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan
membimbing diskusi, keterampilan mengelola kelas,dan terakhir
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Keterampilan mengajar bagi seorang guru
adalah sangat penting kalau ia ingin menjadi seorang guru yang profesional,
jadi disamping dia harus menguasai substansi bidang studi yang diampu,
keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan penunjang untuk
keberhasilannya dalam proses belajar mengajar.
4.2 Keterampilan Bertanya
Menurut hasil penelitian sejak abad 20 melaporkan
bahwa guru menggunakan 30% dari waktunya untuk bertanya(G.A.Brown dan R.
Edmondson,1984).Data ini menunjukan bahwa kegiatan bertanya sangat penting
dalam proses pembelajaran.
a.
Pengertian keterampilan
bertanya
Bertanya merupakan
suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi, termasuk dalam komunikasi
pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang
dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan
jawaban(respon) dari peserta didik.
b.
Prinsip-prinsip
bertanya
a) pertanyaan
hendaknya mengenai satu masalah saja. berikan waktu berfikir kepada peserta
didik
b) pertanyaan
hendaknya singkat, jelas dan disusun dengan kata-kata yang sederhana
c) pertanyaan
didistribusikan secara merata kepada para peserta didik
d) pertanyaan
langsung sebaiknya diberikan secara random
e) pertanyaan
hendaknya disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan peserta didik
f) sebaiknya
hindari pertanyaan retorika atau leading question
c.
Komponen-komponen
Keterampilan Bertanya
1.
Keterampilan Bertanya Dasar
Komponen-komponen
keterampilan bertanya dasar sebagai berikut:
a. Pengungkapan pertanyaan
secara singkat dan jelas
b. Pemberian acuan
c. Pemusatan
d. Pemindahan giliran
e. Penyebaran
f. Pemberian waktu
berpikir
g. Pemberian tuntunan
2. Keterampilan
Bertanya Lanjut
Komponen keterampilan
bertanya lanjut adalah:
a.
Pengubahan tuntutan
kognitif dalam menjawab pertanyaan,
b.
Pengaturan urutan
pertanyaan,
c.
Penggunaan pertanyaan
pelacak,
d. Peningkatan
terjadinya interaksi.
4.3 Keterampilan Penguatan
a. Pengertian
keterampilan memberi penguatan
Memberi
penguatan atau reincorcement merupakan tindakan atau respon terhadap suatu
bentuk perilaku yang dapat mendorong munculnya peningkatan kualitas tingkah
laku tersebut di saat yang lain.
b. Komponen penguatan
a. penguatan
verbal
b. penguatan
gestural
c. penguatan
dengan cara mendekatinya
d. penguatan
dengan cara sentuhan
e. penguatan
dengan memberikan kegiatan yang menyenangkan
f. penguatan
berupa tanda atau benda
c. Prinsip- prinsip penguatan
a. dilakukan
dengan hangat dan semangat
b. memberikan
kesan positif kepada peserta didik
c. berdampak
terhadap perilaku positif
d. dapat
bersifat pribadi atau kelompok
e. hindari
penggunaan respon negative
4.4 Keterampilan Penggunaan Variasi
a. Pengertian
keterampilan penggunaan variasi
Keterampilan
menggunakan variasi stimulus merupakan keterampilan guru dalam menggunakan
bermacam kemampuan dalam mengajar untuk memberikan rangsangan kepada siswa agar
suasana pembelajaran selalu menarik, sehingga siswa bergairah dan antusias
dalam menerima pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar dapat berlangsung
secara efektif.
b.
Komponen
penggunaan variasi
a) variasi
dalam penggunaan media
Ada tiga variasi
penggunaan media Menurut Syaiful Bahri Djamarah yaitu:
1. Media
Pandang
2. Variasi
Media Dengar
3. Variasi
Media Taktil
b) variasi
dalam gaya mengajar
c) variasi
dalam penggunaan metode
d) variasi
dalam pola interaksi yaitu gunakan pola interaksi multi arah
c. Prinsip- prinsip penggunaan variasi
a. gunakan
variasi dengan wajar, jangan dibuat-buat
b. perubahan
satu jenis variasi ke variasi lainnya harus efektif
c. penggunaan
variasi harus direncakan dan sesuai dengan bahan, metode, dan karakteristik
peserta didik
4.5 Penggunaan Materi dalam Pembelajaran
a.
Pengertian
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran atau materi ajar adalah
pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa dalam rangka
mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Materi pembelajaran pada
hakikatnya merupakan pengetahuan, nilai- nilai, dan keterampilan sebagai isi
dari suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran,
sehingga dapat dikatakan bahwa materi pelajaran adalah berbagai pengalaman yang
diberikan kepada siswa selama mengikuti proses pendidikan atau proses
pembelajaran.
b.
Komponen materi
dalam pembelajaran
Menurut Asep Herry Hermawan(2002), materi mengandung
aspek- aspek tertentu sesuai dengan tujuan yang akan dicapai meliputi:
a)
Teori, yaitu
seperangkat konstruk atau konsep definisi atau preposisi yang saling
berhubungan.
b)
Konsep,
merupakan definisi singkat darisekelompok fakta atau gejala.
c)
Generalisasi,
yaitu kesimpulan umum berdasarkan hal- hal yang khusus.
d)
Prosedur, yaitu
seri langkah- langkah yang berurutan dalam materi pelajaran yang harus
dilakukan peserta didik.
e)
Prinsip, yaitu
ide utama.
f)
Fakta, yaitu
sejumlah informasi khusus dalm materi Yng dianggap penting.
g)
Istilah, yaitu
kata- kata perbendaharaan yang baru dan khusus yang diperkenalkan dalam materi.
h)
Contoh, yaitu
hal atau proses yang bertujuan untuk memperjelas suatu uraian.
i)
Definisi, yaitu
penjelasan tentang makna atau pengertian tentang suatu hal atau kata.
j)
Preposisi, yaitu
kata yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran.
c.
Prinsip materi
Pembelajaran
a)
Relevansi,
artinya kesesuaian
Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan standar
kompetensi dan pencapaian kompetensi dasar.
b)
Konsistensi,
artinya keajegan
Jika kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta
didik ada tiga macam, maka materi yang diajarkan juga harus meliputi tiga macam.
c)
Adequlaci,
artinya kecukupan
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam
membantu peserta didik mengasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak
boleh terlalu sedikit dan terlalu banyak.
4.6 Penerapan Keterampilan
a)
Pengertian
penerapan keterampilan
Merupakan
kegiatan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi dari keterampilan
yang telah diberikan dalam proses pembelajaran sehingga untuk ke depannya
peserta didik dapat mempergunakan keterampilan itu untuk kepentingan hidupnya.
b)
Prinsip
penerapan keterampilan
·
Kesesuaian(relevansi),
yaitu setiapjenis keterampilan mengajar yang diterapkan harus disesuaikan
dengan komponen atau variable pembelajaran lain(internal maupun eksternal).
·
Kreativitas dan
inovatif, yaitu setiap jenis keterampilan dasar mengajar yang diterapkan dan
dikemas secara kreatif dan inovatif sehingga dapat mendorong aktivitas dan kreatvitas belajar siswa secara optimal.
·
Ketepatan atau
akurasi, yaitu bahwa setiap jenis keterampilan dasar mengajar yang diterapkan
harus diselelksi, baik dari segi kuantitas atau kualitasnya sehingga setiap
jenis dan bentuk keterampilan dasar mengajar yang diterapkan mencapai sasaran
pembelajaran yang diharapkan.
c)
Jenis penerapan
keterampilan
DAFTAR PUSTAKA
http://www.masbied.com/2009/10/30/keterampilan-yang-harus-dimiliki-guru-dalam-mengajar/, diunduh pada 08 Maret 2013.
http://putusutrisna.blogspot.com/2011/04/komponen-komponen-8-keterampilan.html, diunduh pada 08 Maret 2013
gurukita.guru-indonesia.net/artikel_detail-30362.html, diunduh pada 08 Maret 2013