Unit 6 
Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
1.   Standar Kompetensi
1.1    Mampu menjelaskan hakekat strategi pembelajran, disiplin kelas;
1.2       menjelaskan karakterisrtik pembelajaran di SD;
1.3       menjelaskan model-model pembelajaran;
1.4       menjelaskan prosedur pembelajaran;
1.5       menjelaskan kriteria pemilihan dan penggunaaan metode mengajar;
1.6       menjelaskan kriteria pemilihan media pembelajaran;
1.7       menjelaskan keterampilan dasar mengajar;
1.8       menerapkan keterampilan dasar mengajar;
1.9       menerapkan fungsi kegiatan remidial dan pengayaan;
1.10   menerapkan pengelolaan kelas;
1.11   menerapkan displin kelas; dan
1.12   menjelaskan pembelajaran yang efektif.
2.   Kompetensi Dasar
2.1  Menjelaskan hakekat dan prinsip pemilihan media pembelajaran;
2.2  menjelaskan kriteria pemilihan media pembelajaran; 
2.3  Menjelaskan langkah-langkah memilih media.
2.4  menjelaskan jenis media serta kelebihan dan kelemahan media tersebut;
3.   Indikator
3.1     Menjelaskan dan memahami hakekat media pembelajaran serta mengetahui prinsip dalam pemilihan media pembelajaran;
3.2     Mengetahui dan memahami kriteria media pembelajaran;
3.3     Menjelaskan dan mengetahui media pembeajaran.
3.4     Menjelaskan  dan mengetahui jenis media serta kelebihan dan kelemahan media tersebut;
4.    Materi Pembelajaran
4.1     Pengantar 
Memilih media yang baik untuk pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Untuk kebutuhan suatu Proses Belajar Mengajar (PBM), masalah pemilihan media perlu dikuasai oleh guru. Pemilihan media pembelajaran yang baik dapat menghindari adanya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan media. Jika suatu media digunakan untuk memfasilitasi suatu proses belajar mengajar maka media itu harus dipilih dan digunakan karena media ini memiliki potensi untuk mempermudah belajar.
Gerlach & Ely ( dalam Sihkabuden, 2005: 46 ) mengemukakan dalam penggunaannya, media tidak dapat langsung digunakan begitu saja oleh pengajar karena diperlukan suatu prosedur dalam proses pemilihannya. Oleh sebab itu, pemilihan dan penggunaan media harus benar-benar tepat agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Pada akhirnya, pemanfaatan dan penggunaan media dapat menunjang efektifitas, efisiensi dan daya tarik dalam pembelajaran.
4.2     Hakekat dan Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Proses interaksi pendidikan adalah suatu proses teknis, proses inilah yang secara spesifik disebut dengan proses pembelajaran. Masalah pembelajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dan banyak faktor yang mempengaruhi. Oleh sebab itu, guru dengan  posisinya sebagai peran penggiat harus mampu merencanakan dan menciptakan sumber-sumber belajar lainnya, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Sumber-sumber belajar selain guru inilah yang disebut sebagai penyalur atau penghubung pesan ajar yang diadakan dan atau diciptakan secara terencana oleh para guru atau pendidik, biasanya dikenal sebagai “ media pembelajaran”. Dengan demikian, komponen-komponen komunikasi pembelajaran menjadi komunikator, komunikan, pesan, dan media.
Setiap media pembelajaran memiliki keunggulan masing-masing, maka dari itulah guru diharapkan dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pembelajaran. Dengan harapan bahwa penggunaan media akan mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran, yaitu:
1)      Harus ada kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media pembelajaran. Apakah pemilihan media itu untuk pembelajaran, untuk informasi yang bersifat umum, ataukah sekedar hiburan saja mengisi waktu kosong. Lebih khusus lagi, apakah untuk pembelajaran kelompok atau individu, apakah sasarannya siswa TK, SD, SLTP, SMU, atau siswa pada Sekolah Dasar Luar Biasa, masyarakat pedesaan ataukah masyarakat perkotaan. Dapat pula tujuan tersebut akan menyangkut perbedaan warna, gerak, atau suara. Misalnya proses kimia ( farmasi ), atau pembelajaran pembedahan ( kedokteran ).
2)      Karakteristik media pembelajaran. Setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari keunggulannya, cara pembuatannya maupun cara penggunaannya. Memahami karaklteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya pemilihan media pembelajaran. Di samping itu memberikan kemungkinan pada guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran secara bervariasi.
3)      Alternatif pilihan, yaitu adanya sejumlah media yang dapat dibandingkan atau dikompetisikan. Dengan demikian guru bisa menentukan media pembelajaran mana yang akan dipilih, jika terdapat beberapa media yang dapat dibandingkan.


4.3     Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
Memilih media hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan. Melainkan didasarkan atas kriteria tertentu. Kesalahan saat pemilihan, baik pemilihan jenis media maupun pemilihan topik yang dimediakan, akan membawa akibat panjang yang tidak kita inginkan di kemudian hari. Banyak pertanyaan yang  harus kita jawab sebelum kita menentukan pilihan media tertentu. Secara umum, kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran diuraikan sebagai berikut:
·         Tujuan
Apakah tujuan pembelajaran, atau apa kompetensi yang ingin dicapai? Apakah tujuan itu masuk kawasan kognitif, efektif, psikomotor atau kombinasinya? Jenis rangsangan indera apa yang ditekankan: apakah pengelihatan, pendengaran, atau kombinasinya? Jika visual, apakah perlu gerakan atau cukup visual diam? Jawaban atas pertanyaan itu akan mengarahkan kita pada jenis media tertentu, apakah media audio, visual diam, visual gerak dan seterusnya.
·         Sasaran didik
Siapakah sasaran didik yang akan menggunakan media? Bagaimana karakteristik mereka, berapa jumlahnya, bagaimana latar belakang sosialnya, apakah ada kelainan, bagaimana motivasi dan minat belajarnya? Dan seterusnya. Apabila kita mengabaikan kriteria ini, maka media yang kita pilih atau kita buat tentu tak akan banyak gunanya. Mengapa? Karena pada hakikatnya sasaran inilah yang akan mengambil manfaat dari media pilihan kkita itu. Oleh karena itu, media harus sesuai benar dengan kondisi mereka.
·         Akteristik media yang bersangkutan
Bagaimana karakteristik media tersebut? Apa kelebihan dan kelemahannya, sesuaikah dengan media yang akan kita pilih itu dengan tujuan yang akan dicapai? Kita tidak akan bisa memilih media dengan baik jika kita tidak mengenal dengan baik karakteristik masing-masing media. Karena kegiatan memilih pada dasarnya adalah kegiatan membandingkan satu sama lain, mana yang lebih baik dan lebih sesuai dibanding yang lain. Oleh karena itu sebelum menentukan jenis media tertentu, pahami dengan baik bagaimana karakteristik media tersebut.
·         Waktu
Yang dimaksud waktu disini adalah berapa lama waktu yang diperukan untuk mengadakan atau membuat media yang akan kita pilih, serta berapa lama waktu yang tersedia/ yang kita miliki, cukuplah? Pertanyaan lain adalah berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyajikan media tersebut dan berapalamaalokasi waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran? Tak ada gunanya kita memilih media yang baik, tetapi kita tidak cukup waktu untuk mengadakannya. Jangan sampai pula terjadi media yang telah kita buat dengan menyita banyak waktu,tetapi pada saat digunakan dalam pembelajaran ternyata kita kekurangan waktu.
·         Biaya
Faktor biaya juga merupakan pertanyaann penentu dalam memilih media. Bukankah penggunaan media pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran. Apalah artinya kita menggunakan media, jika akibatnya pemborosan. Oleh karena itu, faktor biaya menjadi kriteria yang harus dipertimbangkan. Berapa biaya yang kita perlukan untuk membuat, membeli, atau menyewa media tersebut? Bisakah kita mengusahakan biaya tersebut,apakah besarnya biaya seimbang dengan tujuan belajar yang hendak dicapai? Tidak memungkinkan tujuan belajar itu tetap dapat dicapai tanpa menggunakan media itu adakah alternatif media lain yang lebih murah namun tetap dapat mencapai tujuan belajar. Media yang mahal belum tentu lbih efektif untuk mencapai tujuan belajar dibanding media sederhana murah.
·         Ketersediaan

Kemudahan dalam memperoleh media juga menjadi pertimbangan kita. Adakah media yang kita butuhkan itu disekitar kita, disekolah atau di pasaran? Kalau kita harus membuatnya sendiri, adakah kemampuan, awaktu, tenaga dan sarana untuk membuatnya? Kalau semua itu ada, pertanyaan berikutnya tersediakah sarana yang diperlukan untuk menyajikannya dikelas?. Misalnya untuk menjelaskan tentang proses terjadinya gerhana matahari memang akan lebih efektif jika disajikan melalui media vidio. Namun karena disekolah tidak ada aliran listrik atau tidak punya vidio player, maka sudah cukup bila digunakan alat peraga gerhana matahari.
·         Konteks penggunaan
Konteks penggunaan maksudnya adalah dalam kondisi dan strategi bagaimana media tersebut akan digunakan. Misalnya: apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau masal?. Dalam hal ini kta perlu merencanakan strategi pembelajaran secara keseluruhan yang akan kita gunakan dalam proses pembelajaran, sehingga tergambar kapan dan bagaimana konteks penggunaan media tersebut dalam pembelajaran.
·         Mutu teknis
Kriteria ini terutama untuk memilih/membeli media siap pakai yang telah ada, misalnya program audio, vidio, grafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis media tersebut, apakah viisualnya jelas, menarik dan cocok?. Apakah suaranya enak dan jelas didengar?. Jangan sampai hanya karena keinginan kita untuk menggunakan media saja, lantas media yang kurang bermutu kita paksakan penggunaannya. Perlu diingat bahwa jika program media itu hanya menjanjikan sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukan oleh guru dengan lebih baik, maka media itu tidak perlu lagi kita gunakan.
Kriteria lainnya yang dapat kita gunakan untuk memilih media pembelajaran yang tepat mempertimbangkan faktor acces, cost, yechnology. Interactivity, organization, dan novelty (ACTION). Penjelasan dari akronim tersebut sebagai berikut:
a. Acces, artinya media yang diperlukan dapat tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan siswa.
b. Cost, artinya media yang akan dipilih atau digunakan, pembiayaannya dapat dijangkau.
c. Technology, artinya media yang akan digunakan apakah teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya.
d. Interactivity, artinya media yang dipilih dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas. Sehingga siswa akan terlibat baik secara fisik, intelektual dan mental.
e. Organization, artinya dalam memilih media pembelajaran tersebut secara organisatoris mendapatkan dukungan dari pimpinan sekolah.
f. Novelty, artinya media yang dipilih tersebut memiliki nilai kebaruan, sehingga memiliki daya tarik bagi siswa.
Media-media yang akan dipilih dalam proses pembelajaran juga harus memenuhi syarat-syarat visible,interesting, simple, useful, accurate, legitimate, structure (VISUALS).. penjelasan dari syarat tersebut adalah :
-        Visible atau  mudah dilihat, artinya media yang digunakan harus dapat memberikan keterbacaan bagi orang lain yang meluhatnya.
-        Interesting atau menarik, yaitu media yyang digunakan harus memiliki nilai kemenarikan. Sehingga yang melihatnya akan tergerak dan mendorong untuk memperhatikan pesan yang disampaikan melalui media tersebut.
-        Simple atau sederhana, yaitu media yang digunakan juga harus memiliki nilai kepraktisan dan kesederhanaan, sehingga tidak berakibat pada in-efiensi dalam pembelajaran
-         Useful atau bermanfaat, yaitu media yang digunakan dapat bermanfaat dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan.
-        Accurate atau benar, yaitu media yang dipilih benar-benar sesuai dengan karakteristik materi atau tujuan pembelajaran. Atau dengan kata lain media tersebut benar-benarvalid dalam pembuatan dan penggunaannya dalam pembelajaran
-        Legitimate atau sah, masuk akal artinya media pembelajaran dirancang dan digunakan untuk kepentingan pembelajaran oleh orang atau lembaga yang berwewenang.
-        Structure atau terstruktur artinya media pembelajaran baik dalam pembuatanatau penggunaannya merupakan bagian tar terpisahkan dari materi yang akandisampaikan melalui media tersebut.
4.4  Prinsip-prinsip dalam penggunaan media pendidikan
Dalam proses belajar mengajar seorang guru belum cukup apabila hanya mengetahui kegunaan dan mengetahui penggunaan media pembelajaran, melainkan harus mengetahui dan terampil bagaimana cara menggunakannya. Sehubungan dengan hal itu, ada beberapa prinsip/kriteria penggunaan media yang perlu dipedomani oleh guru dalam proses belajar mengajar yaitu :
a.       Ketepatan dengan tujuan pembelajaran, artinya media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
b.       Dukungan terhadap isi bahan pembelajaran, artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip yang sangat memerlukan bantuan media agar mudah dipahami siswa.
c.       Kemudahan memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah memperolehnya, setidak-tidaknya dapat dibuat oleh guru pada saat mengajar atau mungkin sudah tersedia di sekolah.
d.       Ketrampilan guru dalam menggunakan media, apapun jenis media yang diperlukan syarat utama adalah guru harus dapat menggunakan dalam proses pembelajaran.
e.       Tersedianya waktu untuk menggunakannya, sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa pada saat pelajaran berlangsung.
f.        Sesuai dengan taraf berfikir siswa sehingga makna yang terkandung didalamnya dapat dipahami siswa.

Dalam pemilihan media untuk kepentingan pengajaran sebaiknya memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut ( Sudjana dan Rivai, 2005: 4 ) :
1)      Ketepatannya dengan tujuan pengajaran; artinya media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan intruksional yang telah ditetapkan.
2)      Dukungan terhadap isi bahan pelajaran; artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep, dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.
3)      Kemudahan memperoleh media; artinya media yang diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar.
4)      Keterampilan guru dalam menggunakannya; artinya apapun jenis media yang diperlukan syarat utama adalah guru dapat menggunakan dalam proses pengajaran.
5)      Tersedia waktu untuk menggunakannya; sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa selama pengajaran berlangsung.
6)      Sesuai dengan taraf berfikir siswa; memilih media untuk pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan taraf berfikir siswa, sehingga makna yang terkandung di dalamnya dapat dipahami oleh para siswa.
1.5  Jenis Media
Terdapat tujuh jenis media, yaitu ( Susilana dan Riyana, 2008 : 13) :
1)      Media Grafis, Bahan Cetak, dan Gambar
-        Media Grafis
Media Grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide, atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan symbol/ gambar. Yang termasuk media grafis antara lain ( Susilana dan Riyana, 2008:13 ):
a)      Grafik
b)      Diagram
c)      Bagan
d)     Sketsa
e)      Poster
f)       Papan Flanel
g)      Bulletin Board
            Kelebihan media grafis adalah sebagai berikut ( Susilana dan Riyana, 2008 : 14 ):
a)      Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
b)      Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga menarik perhatian siswa.
c)      Pembuatannya mudah dan harganya murah.
            Kelemahan media grafis adalah sebagai berikut ( Susilana dan Riyana, 2008 : 14):
a)      Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
b)      Penyajian pesan hanya berupa unsure visual.
-        Media Bahan Cetak
Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/ printing atau offset (Susilana dan Riyana, 2008 :14):
Jenis media bahan cetak ini diantaranya adalah:
a)      Buku Teks
b)      Modul
c)      Bahan Pengajaran Terprogram
            Kelebihan media bahan cetak adalah sebagai berikut ( Susilana dan Riyana, 2008 :15):
a)      Pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
b)      Dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah banyak.
c)      Perbaikan atau revisi mudah dilakukan.
Kelemahan media bahan cetak adalah sebagai berikut ( Susilana dan Riyana, 2008:15 ):
a)      Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
b)      Bahan cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa untuk membacanya.
c)      Apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek.          
-        Media Gambar Diam
Media gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media gambar ini adalah foto ( Susilana dan Riyana, 2008:15 ).

Kelebihan media gambar diam adalah sebagai berikut ( Susilana dan Riyana, 2008:15 ):
a)      Dibandingkan dengan media grafis, media foto ini lebih konkret.
b)      Dapat menunjukkan perbandingan yang tepat dari objek yang sebenarnya.
c)      Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Kelemahan media gambar  diam adalah sebagai berikut ( Susilana dan Riyana, 2008:15 ):
a)      Biasanya ukurannya terbatas sehingga kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar.
b)      Perbandingan yang kurang tepat dari satu objek akan menimbulkan persepsi.

DAFTAR PUSTAKA
Dadimedina’s Blog : “Hakikat Media Pembelajaran” http://dadimedina.wordpress.com/2009/03/05/hakikat-media-pembelajaran/ ( diakses Jum’at,8 Maret 2013 16.00 WIB )
Muhammad Faiq: “Prinsip – Prinsip dalam Memilih Media Pembelajaran http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/01/prinsip-memilih-media-pembelajaran.html (diakses Sabtu, 9 Maret 2013 09.54 WIB)
Kreasi : “Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran” http://hendrapgmi.blogspot.com/2012/11/kriteria-pemilihan-media-pembelajaran.html (diakses Sabtu, 09 Maret 2013 11.15 WIB)
Before After : “Kelebihan dan Kekurangan Jenis – Jenis Media Pembelajaran “ http://gtnheni.blogspot.com/2011/12/kelebihan-dan-kekurangan-jenis-jenis.html (diakses Sabtu ,09 Mar. 13 11.45 WIB)
Langkah – langkah Pemilihan Media Pembelajaran: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2304205-langkah-langkah-pemilihan-media-pembelajaran/ (diakses Sabtu, 09 Maret 2013 12.00 WIB)


edit post

0 Reply to "Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran"

  • Poskan Komentar